Pemasaran adalah proses
penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi
mengenaibarang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan
keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan
pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.
Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya.
Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia
tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya
yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka
manusia ini memilih Aqua botol yang
sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga
mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan
kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai
dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang
(place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang
pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam
konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai
dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju
seperti spesifikasi produk.
Aspek pemasaran
merupakan faktor strategis atau kunci dari keberhasilan perusahaan, jika
permintaan terhadap produk/jasa yang dibuat kurang memadai seluruh kegiatan
aspek-aspek yang lain tidak akan terwujud.
Jika prospek
permintaan terhadap permintaan produk lebih kecil dari peawarannya maka sistem
produksi produk tersebut tidak layak dilaksanakan. Jika market space masih
tersedia maka perlu diselidiki apakah pasar masih mampu menampung produk baru
yang direncanakan.
Untuk mengetahui
potensi permintaan dan penawaran terhadap suatu barang atau jasa, perlu
dilakukan penelitian yang mendalam tentang perkembangan permintaan dan jumlah
pemasoknya. Perkembangan permintaan dapat diduga melalui perubahan pendapatan,
selera dan tingkah laku konsumen dalam membeli barang dan jasa tersebut.
A. Spesifikasi Produk
/ Jasa
Dalam pemasaran,
produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar dan dapat memenuhi
kebutuhan konsumen. Kepuasan konsumen tidak hanya mengacu pada bentuk fisik
produk, melainkan satu paket kepuasan yang didapat dari pembelian produk
Kepuasan tersebut merupakan akumulasi kepuasan fisik, psikis, simbolis, dan
pelayanan yang diberikan oleh produsen.
Produk identik dengan
barang. Dalam akuntansi, barang adalah obyek fisik yang tersedia di pasar.
Sedangkan produk yang tidak berwujud disebut jasa. Dalam manajemen produk,
identifikasi dari produk adalah barang dan jasa yang ditawarkan kepada
konsumen. Kata produk digunakan untuk tujuan mempermudah pengujian pasar dan
daya serap pasar, yang akan sangat berguna bagi tenaga pemasaran, manajer, dan
bagian pengendalian kualitas.
B. Segmentasi Produk /
Jasa
Definisi segmentasi
pasar yang paling sering diucapkan para ahli adalah: “Suatu proses untuk
membagi-bagi atau mengelompokkan konsumen ke dalam kotak-kotak yang lebih
homogen. Karena pasar sifatnya sangat heterogen, maka akan sulit bagi produsen
untuk melayaninya. Oleh karenanya pemasar harus memilih segmen-segmen tertentu
saja dan meninggalkan bagian pasar lainnya. Bagian atau segmen yang dipilih itu
adalah bagian yang homogen yang memiliki ciri-ciri yang sama dan cocok dengan
kemampuan perusahaan untuk memenuhi tuntutan-tuntutannya. Segmentasi pasar
adalah suatu konsep yang sangat penting dalam kehidupan ini. Dalam kegiatan
bisnis segmentasi pasar digunakan untuk memilih pasar sasaran, mencari peluang,
menggerogoti segmen pemimpin pasar, merumuskan pesan-pesan komunikasi, melayani
lebih baik, menganalisis prilaku konsumen maupun mendesain produk.
Berikut ini merupakan
aspek produk :
- Bertujuan pada manfaat
- Manfaat penggunaan
- Manfaat psikologis
- Manfaat dalam mengatasi masalah
- Visualisasi produk
- Atribut dan keistimewaan produk
- Kualitas produk
- Corak produk
- Kemasan dan label produk
- Merk
- Menambah nilai produk
- Garansi
- Kemudahan Instalasi
- Pengiriman
- Ketersediaan di pasar
- Layanan purna jual
C. Analisis Situasi
Pasar (Sesuai Produk / Jasa Yang Ditawarkan)
Analisa pasar
dilakukan untuk menemukan peluang bisnis dan potensi yang bisa dimanfaatkan.
Besarnya potensi tersebut bisa diukur dengan berbagai faktor, terutama
keberterimaan suatu produk atau jasa di wilayah tertentu. Bisnis bisa berjalan
selama masih ada konsumen yang mau membeli produk atau jasa tertentu untuk
memenuhi kebutuhan mereka. Produk atau jasa keuangan disediakan oleh pebisnis
untuk memenuhi kebutuhan ini. Analisa pasar adalah faktor paling penting yang
tidak boleh dilewatkan sebelum melakukan usaha tertentu. Hasil dari analisa
tersebut akan sangat berguna untuk mengetahui seberapa besar potensi bisnis
yang ada dan berapa lama suatu bisnis bisa bertahan.
Keberhasilan bisnis
salah satunya ditentukan oleh kemampuan memahami pesaing. Output dari kemampuan
tersebut, menopang manajemen dalam memutuskan dimana akan bersaing dan
bagaimana posisi diantara pesaing. Demikian karena, analisis dilakukan dengan
cara identifikasi industri dan karakteristiknya, identifikasi bisnis di dalam
industri, kemudian masing-masing bisnis pun dievaluasi, prediksi aktifitas
pesaing termasuk identifikasi pesaing baru yang mungkin menerobos pasar maupun
segmen pasar.
Pada umumnya analisis
ini akan menghasilkan perbaharuan dalam segi bentuk pemasaran,
keuntungan-keuntungan yang didapat jika membeli produk tersebut baik itu
mendapatkan potongan harga dalam situasi atau keadaan tertentu atau juga dapat
berupa hadiah langsung.
D. Analisis Pesaing
(Sesuai Produk / Jasa Yang Ditawarkan)
Analisa persaingan merupakan sebuah usaha untuk mengidentifikasi ancaman,
kesempatan, atau permasalahan strategis (strategy question) yang terjadi
sebagai akibat dari perubahan persaingan potensial, serta kekuatan dan
kelemahan pesaing.
Analisis persaingan bersifat dinamis. Pesaing dideskripsikan dan
dianalisis, pesaing di evaluasi, serta kemudian tindakan pesaing pun diprediksi
secara tepat. Yang dimaksud pesaing termasuk didalamnya pesaing baru yang
berpeluang mengacungkan jari telunjuk sebagai tanda kehadiran. Analisis
persaingan merupakan aktifitas yang terus menerus dan memerlukan koordinasi
informasi. Bisnis dan unit bisnis menganalisis pesaing dapat dengan cara
menggunakan sistem intelejen pesaing.Untuk kepentingan itu, beberapa teknik
dilakukan seperti pencarian database, survey konsumen, wawancara dengan pemasok
serta partisipan lainnya yang sesuai, perekrutan karyawan pesaing termasuk
mempelajari produk pesaing. Setiap teknik yang telah dikemukakan, tampak
didalamnya mengandung unsur titik kedinamisan
Kekuatan dan Kelemahan
Pesaing
Pengetahuan dari
kekuatan dan kelemahan pesaing melengkapi pengertian merupakan kunci dari
kecakapan firma mengejar bermacam-macam strategi. Suatu pendekatan adalah
berusaha/mencoba mengusahakan kelemahan pesaing dalam daerah dimana perusahaan
mengembangkan kekuatan. Modal bermaksud untuk mengembangkan strategi yang akan
membuat kekuatan melawan kelemahan pesaing. Ketetapan dari kekuatan dan
kelemahan pesaing diawali dengan identifikasi dari asset dan skill yang
mendukung/ada hubungan dengan industri dan kemudian mengevaluasi pesaing dalam
dasar dari asset dan skill. Untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan
persaingan, adalah perlu untuk mengidentifikasikan aktiva dan keahlian yang
dihubungkan dengan industri.
Analisis pesaing
biasanya akan berdampak terhadap peningkatan produk maupun strategi pemasaran.
Analisis pesaing ini dilakukan untuk melihat perbedaan baik itu dari segi
kualitas produk, harga, sistem pemasaran maupun hal-hal lainnya. Analisis ini
nantinya akan berfungsi juga sebagai referensi apa yang akan perusahaan
tersebut lakukan untuk memperbaiki kinerja perusahaan agar dapat bersaing
secara sehat dan menguntungkan dengan perusahaan pesaingnya.
E. Strategi Promosi
Produsen sebuah produk
baik barang atau jasa, membutuhkan strategi promosi yang tepat untuk
mengenalkan produknya kepada konsumen. Strategi promosi produk sangat
dibutuhkan. Karena tanpa adanya kegiatan promosi, sebuah produk tidak akan
dikenal masyarakat. Makanya para pengusaha saling berlomba menggunakan berbagai
strategi untuk mempromosikan produk mereka, guna memperoleh perhatian dari
masyarakat.
Kegiatan promosi
produk tidak selamanya membutuhkan biaya yang cukup besar. Bagi Anda yang
memiliki dana terbatas sekalipun, kegiatan promosi produk juga dapat dilakukan.
Yang terpenting adalah kreatifitas Anda untuk menyusun strategi promosi dengan
meminimalisir dana. Namun tetap perlu diingat, promosi dengan dana yang
optimal, tentu akan menghasilkan respon pasar yang lebih optimal.
Dalam kegiatan
bisnis,Pasar selalu menggunakan berbagai media berbasis untuk melakukan
kegiatan promosi.Media tersebut bisa melalui iklan,brosur,website,dan
lain2nya.Iklan itu bisa melalui televisi,radio,koran,dan banyak lagi yang bisa
kita masukkan iklan.Umumnya jika melakukan promosi melalui iklan,biasanya akan
lebih cepat dikenal daripada media lainnya.hal ini disebabkan karena media yang
digunakan biasanya umum sehingga masyarakat lebih cepat mengetahui iklan yang
sedang dipromosikan.sedangkan dengan brosur,kita bisa melihat informasi dari
promosi tersebut melalui sehelai kertas.biasanya isi kertas tersebut berisikan
informasi dan gambar dari produk yang ditawarkan.Website juga digunakan sebagai
media promosi dari suatu pasar.keuntungan dari media melalui website ini adalah
kita bisa memperoleh informasi yang lebih jelas baik dari jenis,harga,maupun
kualitas dari barang itu sendiri.tampilan website yang menarik,dapat membuat
konsumen yang membuka website tersebut tertarik untuk membeli produk tersebut.
F. Media Promosi
Berbasis TI
Untuk memperluas jaringan distribusi, kenyamanan pelanggan dan
jangkauan pasar yang lebih luas, biasanya beberapa perusahaan membuka sebuah
situs untuk memperpendek jarak antara konsumen dengan produsennya. Hal ini juga
dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan kartu kredit sebagai alat pembayarannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar