Pada materi sebelumnya saya sudah membahas apa itu
permainan Tower Defense begitupun dengan bagaimana rules permainanya. Dan kita
tahu bahwa algoritma yang diterapkan pada permainan ini adalah Algoritma
greedy. Algoritma greedy merupakan metode yang paling popular untuk memecahkan
persoalan optimisasi. Prinsip utama dari algoritma greedy adalah “ take what you can get now! ” dengan
cara membentuk solusi langkah perlangkah (step ny step). pada setiap
langkahnya, algoritma greedy
mengambil keputusan berdasarkan nilai terbaik (minimasi dan maksimasi) tanpa
mengambil konsekuensi langkah dan pilihan di depan (langkah selanjutnya).
Jenis permainan seperti Tower Defense ini tidak cocok
apabila dibuat menggunakan algoritma backtracking, karna Algoritma backtracking
(runut balik) merupakan salah satu metode pemecahan masalah yang termasuk dalam
strategi yang berbasis pencarian pada ruang status. Algoritma backtracking
bekerja secara rekursif dan melakukan pencarian solusi persoalan secara
sistematis pada semua kemungkinan solusi yang ada. Oleh karena algoritma ini
berbasis pada algoritma Depth-First Search (DFS), maka pencarian solusi
dilakukan dengan menelusuri suatu struktur berbentuk pohon berakar secara preorder.
Proses ini dicirikan dengan ekspansi simpul terdalam lebih dahulu sampai tidak
ditemukan lagi suksesor dari suatu simpul.
Algoritma backtracking biasanya digunakan pada jenis
game seperti Crossword Puzzle. Hasil analisis kemampuan algoritma backtracking
dalam menyelesaikan persoalan pengisian crossword puzzle menunjukkan bahwa
algoritma ini cukup efektif untuk mendapatkan solusi persoalan tersebut. Sistem
kerja algoritma backtracking yang sistematis dan ciri khasnya yang hanya
memeriksa kemungkinan solusi yang memang dapat dipertimbangkan untuk menjadi
solusi akhir, diperkirakan dapat menjadi solusi yang efektif dan efisien untuk
persoalan ini.
Sedangkan
pada game Tower Defense di perlukan kemampuan untuk mengeliminasi atau
membunuh musuh yang melintas semaksimal mungkin dengan membangun tower di
tempat yang strategis dan memiliki jangkauan serangan yang besar terhadap jalur
musuh. Dengan persoalan harus membunuh sebanyak
mungkin musuh, maka diperlukan penempatan tower
yang strategis karena total tower
yang bisa disimpan terbatas dengan persediaan gold/uang yang ada. Dalam persoalan ini Algoritma Greedy dapat digunakan untuk
penyelesaian masalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar