GAME “CRAZY BALL” MENGGUNAKAN FITUR BLENDER
GAME ENGINE
Lucky Alfian Fachrurrosy, Lingga Ramadhani
Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma
PENDAHULUAN
Game berasal dari kata bahasa inggris yang
memiliki arti dasar Permainan. Permainan dalam hal ini merujuk pada pengertian
“kelincahan intelektual” (intellectual playability). Game juga bisa diartikan
sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Menurut John C BECK & Mitchell
Wade “Game adalah penarik perhatian yang telah terbukti. Game adalah lingkungan
pelatihan yang baik bagi dunia nyata dalam organisasi yang menuntut pemecahan
masalah secara kolaborasi” atau dapat disimpulkan bahwa pengertian Game adalah
suatu media non atau elektronik interaktif yang dirancang untuk memenuhi
kebutuhan manusia sebagai sarana edukasi, hiburan atau kesehatan.
Secara
garis besar game terbagi kepada dua jenis, yang pertama adalah game offline dan
game online. Game offline adalah game yang bisa digunakan pada komputer atau
smartphone tanpa harus terhubung ke internet. Hal tersebut dimungkinkan untuk
dilakukan karena semua perintah dan data game sudah terpasang di dalam
komputer. Sedangkan game online ini sifatnya terpusat pada suatu server.
Sehingga untuk menjalankannya dibutuhkan akses ke server tersebut melalui
jaringan internet.
Dalam
pembuatan game “Crazy Ball” ini penulis menggunakan software Blender game
engine, yaitu perangkat lunak yang dirancang untuk membuat dan mengembangkan
video game. Fungsi utama yang diberikan oleh game engine meliputi rendering
untuk 2D atau 3D graphic, collision detection, sound, scripting, animasi,
artificial intelligence, networking, memory management, threading dan scene graph.
Pembuatan makalah ini akan mencakup cara
membuat game dangan fitur Blender Game Engine beserta dengan aturan bermain
game “Crazy Ball” tersebut.
Tujuan dari pembuatan makalah
ini adalah :
1.
Melengkapi syarat penilaian mata kuliah Softskill
2.
Mengajarkan untuk bagaimana proses pembuatan game menggunakan fitur Blender
Game Engine.
Game
adalah permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hiburan
berbentuk multimedia yang di buat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan
sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin. Bermain game merupakan salah satu
sarana pembelajaran.
Secara
garis besar game terbagi kepada dua jenis, yang pertama adalah game offline dan
game online. Game offline adalah game yang bisa digunakan pada komputer atau
smartphone tanpa harus terhubung ke internet. Hal tersebut dimungkinkan untuk
dilakukan karena semua perintah dan data game sudah terpasang di dalam
komputer. Sedangkan game online ini sifatnya terpusat pada suatu server.
Sehingga untuk menjalankannya dibutuhkan akses ke server tersebut melalui
jaringan internet.
Initial State
Pada game
ini pemain menggunakan sebuah bidang 3 dimensi yang akan digunakan sebagai
arena bermain. Saat mulai menjalankan game ini user akan di perlihatkan pada
scene menu. Pada menu sendiri terdapat 4 button yaitu Play, Option, About dan
Quit.
Untuk
memainkannya dapat memilih Play dan nantinya akan di arahkan pada scene main
untuk memainkan game ini, sedangkan untuk melihat profil pembuat game dapat
dilihat pada scene About dengan memilih button About, button Option digunakan
untuk meriset start level dan juga untuk mengatur penggunaan music, sound, blur
dan bloom. Sedangkan button Quit digunakan untuk mengakhiri permainan atau
menutup game.
Saat
memainkan game dengan memilih “Play” maka nanti akan langsung di arahkan pada cara
bermain dari game tersebut dan terdapat pula arena permainan yang terdiri dari
tujuh level.
Pada
waktu bermain, pemain dapat menggunakan tombol sebagai berikut:
Tombol W :
Bergerak maju
Tombol S :
Bergerak mundur
Tombol D : Bergerak ke arah kanan
Tombol A : Bergerak ke arah kiri
Tombol
Spasi : Loncat
Mouse : Navigasi kamera untuk
mengatur sudut pandang pemain
Pada
pembuatan game ini juga digunakan AI (Artificiall Intellegent). AI pada game
ini terdapat pada bagian background awal menu. Pengertian dari AI atau
kecerdasan buatan adalah bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin komputer
dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Pada awal
diciptakannya, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja. Namun
seiring dengan perkembangan jaman, maka peran komputer semakin mendominasi
kehidupan manusia. Komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai alat hitung,
lebih dari itu, komputer diharapkan untuk dapat diberdayakan untuk mengerjakan
segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia.
Rules
Aturan
yang berlaku pada game Crazy Ball ini adalah sebagai berikut :
a.
Ketika user
menekan “Play” maka game akan dimulai pada level pertama, dan arena pada level
pertama ini lebih pendek dari arena pada level selanjutnya.
b.
Pemain di tuntut
untuk berjalan pada jalur arena permainan yang terdapat rintangan yang
berbeda-beda setiap levelnya, dengan aturan sebagai berikut :
· - Pemain hanya bisa
bergerak maju, mudur, kanan, kiri, serta melompat.
· - Pemain hanya bisa
berjalan pada jalur yang telah ditentukan, bila keluar jalur maka pemain akan
terjatuh.
· - Jika saat pemain
melewati jalur dan karakter jatuh dari jalur maka pemain otomatis kalah dan
tidak bisa melanjutkan permainan
Goal
Pada game ini memiliki goal atau target yang harus dicapai dalam
setiap level yang dilewati agar dapat melanjutkan ke level selanjutnya atau
untuk memenangkan permainan dalam game ini adalah pemain harus dapat melewati
ke-tujuh level dengan arena dan rintangan yang berbeda setiap levelnya, dan
akan berlangsung demikian hingga level terakhir. Bila pemain tetap dapat melanjutkan
permainan hingga level terakhir maka pemain akan dinyatakan menang.
PENUTUP
Demikianlah
makalah yang kami buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para
pembaca. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan
kalimat yang kurang jelas, dimengerti dan lugas. Karena kami adalah manusia
biasa yang tak luput dari kesalahan. Dan kami juga sangat mengharapkan saran
dan kritik para pembaca demi kesempurnaan buku ini. Sekian penutup dari kami
semoga dapat diterima dihati dan kami ucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar