Selasa, 21 Juni 2016

GAME “CRAZY BALL” MENGGUNAKAN FITUR BLENDER GAME ENGINE


GAME “CRAZY BALL” MENGGUNAKAN FITUR BLENDER
GAME ENGINE
Lucky Alfian Fachrurrosy, Lingga Ramadhani
Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma

PENDAHULUAN

              Game berasal dari kata bahasa inggris yang memiliki arti dasar Permainan. Permainan dalam hal ini merujuk pada pengertian “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Game juga bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Menurut John C BECK & Mitchell Wade “Game adalah penarik perhatian yang telah terbukti. Game adalah lingkungan pelatihan yang baik bagi dunia nyata dalam organisasi yang menuntut pemecahan masalah secara kolaborasi” atau dapat disimpulkan bahwa pengertian Game adalah suatu media non atau elektronik interaktif yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan manusia sebagai sarana edukasi, hiburan atau kesehatan.
Secara garis besar game terbagi kepada dua jenis, yang pertama adalah game offline dan game online. Game offline adalah game yang bisa digunakan pada komputer atau smartphone tanpa harus terhubung ke internet. Hal tersebut dimungkinkan untuk dilakukan karena semua perintah dan data game sudah terpasang di dalam komputer. Sedangkan game online ini sifatnya terpusat pada suatu server. Sehingga untuk menjalankannya dibutuhkan akses ke server tersebut melalui jaringan internet.
Dalam pembuatan game “Crazy Ball” ini penulis menggunakan software Blender game engine, yaitu perangkat lunak yang dirancang untuk membuat dan mengembangkan video game. Fungsi utama yang diberikan oleh game engine meliputi rendering untuk 2D atau 3D graphic, collision detection, sound, scripting, animasi, artificial intelligence, networking, memory management, threading dan scene graph.
    Pembuatan makalah ini akan mencakup cara membuat game dangan fitur Blender Game Engine beserta dengan aturan bermain game “Crazy Ball” tersebut.
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :
     1. Melengkapi syarat penilaian mata kuliah Softskill
   2. Mengajarkan untuk bagaimana proses pembuatan game menggunakan fitur Blender Game Engine.
Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang di buat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin. Bermain game merupakan salah satu sarana pembelajaran.
Secara garis besar game terbagi kepada dua jenis, yang pertama adalah game offline dan game online. Game offline adalah game yang bisa digunakan pada komputer atau smartphone tanpa harus terhubung ke internet. Hal tersebut dimungkinkan untuk dilakukan karena semua perintah dan data game sudah terpasang di dalam komputer. Sedangkan game online ini sifatnya terpusat pada suatu server. Sehingga untuk menjalankannya dibutuhkan akses ke server tersebut melalui jaringan internet.
Initial State
Pada game ini pemain menggunakan sebuah bidang 3 dimensi yang akan digunakan sebagai arena bermain. Saat mulai menjalankan game ini user akan di perlihatkan pada scene menu. Pada menu sendiri terdapat 4 button yaitu Play, Option, About dan Quit.
Untuk memainkannya dapat memilih Play dan nantinya akan di arahkan pada scene main untuk memainkan game ini, sedangkan untuk melihat profil pembuat game dapat dilihat pada scene About dengan memilih button About, button Option digunakan untuk meriset start level dan juga untuk mengatur penggunaan music, sound, blur dan bloom. Sedangkan button Quit digunakan untuk mengakhiri permainan atau menutup game.
Saat memainkan game dengan memilih “Play” maka nanti akan langsung di arahkan pada cara bermain dari game tersebut dan terdapat pula arena permainan yang terdiri dari tujuh level.

Pada waktu bermain, pemain dapat menggunakan tombol sebagai berikut:
Tombol W             : Bergerak maju
Tombol S              : Bergerak mundur
Tombol D             : Bergerak ke arah kanan
Tombol A              : Bergerak ke arah kiri
Tombol Spasi        : Loncat
Mouse                  : Navigasi kamera untuk mengatur sudut pandang pemain

Pada pembuatan game ini juga digunakan AI (Artificiall Intellegent). AI pada game ini terdapat pada bagian background awal menu. Pengertian dari AI atau kecerdasan buatan adalah bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Pada awal diciptakannya, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja. Namun seiring dengan perkembangan jaman, maka peran komputer semakin mendominasi kehidupan manusia. Komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai alat hitung, lebih dari itu, komputer diharapkan untuk dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia.

Rules
Aturan yang berlaku pada game Crazy Ball ini adalah sebagai berikut :
a.      Ketika user menekan “Play” maka game akan dimulai pada level pertama, dan arena pada level pertama ini lebih pendek dari arena pada level selanjutnya.
b.      Pemain di tuntut untuk berjalan pada jalur arena permainan yang terdapat rintangan yang berbeda-beda setiap levelnya, dengan aturan sebagai berikut :

·        -  Pemain hanya bisa bergerak maju, mudur, kanan, kiri, serta melompat.
·        -  Pemain hanya bisa berjalan pada jalur yang telah ditentukan, bila keluar jalur maka pemain akan terjatuh.
·         - Jika saat pemain melewati jalur dan karakter jatuh dari jalur maka pemain otomatis kalah dan tidak bisa melanjutkan permainan

Goal
     Pada game ini memiliki goal atau target yang harus dicapai dalam setiap level yang dilewati agar dapat melanjutkan ke level selanjutnya atau untuk memenangkan permainan dalam game ini adalah pemain harus dapat melewati ke-tujuh level dengan arena dan rintangan yang berbeda setiap levelnya, dan akan berlangsung demikian hingga level terakhir. Bila pemain tetap dapat melanjutkan permainan hingga level terakhir maka pemain akan dinyatakan menang.


PENUTUP

Demikianlah makalah yang kami buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas, dimengerti dan lugas. Karena kami adalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Dan kami juga sangat mengharapkan saran dan kritik para pembaca demi kesempurnaan buku ini. Sekian penutup dari kami semoga dapat diterima dihati dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.


DAFTAR PUSTAKA
·         www.blenderguru.com/tutorials/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar